Rabu, Oktober 2, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
More

    MEDIA ONLINE JURNALMURA.ID ┃ MENGUCAPKAN ┃ " DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA ┃ KE- 79 TAHUN ┃ 17 AGUSTUS 1945 - 17 AGUSTUS 2024 ┃ " NUSANTARA BARU, INDONESIA MAJU " ┃
    BerandaOPINI12 Poin Peran Medsos Bagi Masyarakat, Nomor 8 Mencari Jodoh

    12 Poin Peran Medsos Bagi Masyarakat, Nomor 8 Mencari Jodoh

    jurnalmura.id, MURUNG RAYA Peran media sosial (medsos) bagi masyarakat – Perkembangan teknologi semakin hari semakin canggih dan seluruh jagat raya ini telah merasakan perubahannya. Salah satu perkembangan saat ini ialah banyak bermunculan yaitu situs media sosial yang sering kita sebut sosmed. Pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai peran media sosial bagi masyarakat dan kehidupan manusia. Selama ini kebanyakan orang hanya menggunakan media sosial saja tanpa mengetahui peran media sosial ini.

    Ada beberapa dampak positif dan negatif media sosial namun pada artikel ini saya hanya akan menjelaskan dampak positifnya saja untuk dampak negatifnya kain bisa tunggu update terbaru dari blog ini. Banyak jenis jenis media sosial yang populer baru-baru ini seperti facebook, twitter, youtube, instagram, WhatsApps dan google+ dan lain-lain namun jangan sangka hanya itu saja, masih banyak lagi media sosial yang tujuannya sama dengan media sosial di atas.

    Ketika kita melihat dari pandangan orang tua, orang tua akan menganggap media sosial ini adalah hal pembodohan namun hal ini tidak benar karena tujuan media sosial ini adalah memberikan informasi kepada seseorang ke muka umum. Ada pun peran media sosial yang memiliki peran penting yang sangat kuat di lingkungan masyarakat saat ini yaitu:

    Peran Media Sosial Bagi Masyarakat :

    1. Menjadi komunikasi online: Media sosial atau jejaring sosial adalah salah satu cara alternatif untuk saling menghubungi kerabat atau keluarga yang tempat tinggalnya jauh. Media sosial biasanya dilengkapi fitur chatting yang akan memudahkan para pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak jauh. Dulu sosial media ini hanya di lengkapi fitur chating seperti sms saja namun saat ini banyak media sosial yang mendukung video call yang akan membuat para pengguna lebih nyaman dan puas berhubungan.
    2. Menambah teman dan komunitas: Salah satu manfaat media sosial media ini adalah menambah teman dan komunitas di internet. Dengan media sosial kita akan mendapatkan banyak teman dari berbagai daerah tanpa perlu kita berjumpa. Dengan kita bergabung dengan komunitas di media sosial maka silahturahmi sesama manusia akan mudah terjalin.
    3. informasi atau berita terbaru: Ada beberapa akun di media sosial yang dibuat hanya untuk menyebarkan informasi atau berita ke seluruh pengguna media sosial. Pada akun tersebut biasanya akan membuat status berita tentang politik, pristiwa, ilmu pengetahuan, informasi dan lain-lain. Namun terkadang kala informasi yang diberikan tidak akurat bahkan ada yang hoax.
    4. Tempat untuk curhat pribadi: Ketika kalian mengalami masalah atau kalian sedang berbahagia, media sosial bisa menjadi salah satu tempat untuk curhat kalian. Di media sosial ada fitur yaitu status, di fitur status itu kita bisa mengapresiasikan perasaan diri kalian yang nanti akan dibaca oleh semua teman kalian di media sosial.
    5. Mendapatkan hiburan: Apabila kalian sedang stres, sedih, jenuh kita bisa mendapatkan obati dengan cara membaca baca informasi tang yang terdapat di media sosial. Media sosial ini juga bermanfaat untuk mengisi waktu kosong kalian dengan hal yang positif. Mengakses media sosial pada bulan puasa juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan waktu adzan magrib akan terasa lebih cepat.
    1. Untuk promosi barang: Promosi dalam media sosial ini sangat ampuh dalam mendatangkan pembeli, sebab sebagian besar penduduk di indonesia ini banyak mengakses sosial media. Banyak pembisnis yang suskes karena memanfaatkan sosial media ini sebagai tempat promosi barangya. Barang yang di promosikan di sosial media ini lebih laku di bandingkan yang di jual di pasaran.
    2. Tempat untuk sharing dan berbagi: Sosial media juga dapat di jadikan tempat untuk saling sharing dan berbagi informasi kepada orang lain. Dengan kita membagikan informasi tersebut maka di harapkan banyak orang yang mengetahui dan merasa informasi kira bermanfaat bagi mereka. Misalnya kalian sedang baca-baca artikel dan artikel tersebut terasa bermanfaat bagi semua orang, maka kemungkinan kalian akan membagikan infromasi tersebut ke teman sosial media kalian.
    3. Mencari jodoh: Ternyata banyak sekali pasangan yang awalnya bertemu di sosial media dan sekarang menjadi pasangan yang romantis. Memang awal dari hubungan di awali dengan pertemuan, pertemanan dan akhirnya menjadi pasangan. Namun kalian perlu hati-hati mencari pasangan di sosial media, sebab sekarang banyak sekali modus penipuan dengan model pencarian jodoh.
    4. Mengupload momen spesial: Sosial media dapat menjadi tempat kalian untuk membagikan momen sepesial kalain dengan kerabat, keluarga atau pasangan kalian. Di sosial media biasanya terdapat fitur aploud foto dan video yang akan memudahkan kalian untuk mengaploud momen spesial kalian.
    5. Mengikuti artis idola: Bagi para artis media sosial ini adalah sarana yang paling mudah untuk mendatangkan followers dan fans mereka. Begitu juga untuk para fans akan lebih mudah menemukan artis idola kesukaan mereka.
    6. Tempat untuk mempopulerkan diri: Media sosial bisa kita manfaatkan untuk tempat mempopulerkan diri kita ke publik, baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Biasanya orang yang mempopulerkan diri merka memiliki keunikan, hal yang menabjubkan, wajah yang rupawan dan masih banyak lagi. Orang yang mempopulerkan diri di sosial media tidak selamanya mendapatkan pujian biasanya orang tersebut juga akan mendapatkan kecaman dari orang yang membencinya.
    7. Tempat menggerakan masyarakat: Masalah-masalah seperti politik, pemerintahan, suku, dan agama, merupakan masalah serius yang bisa mengundang banyak tanggapan dan tindakan. Salah satu upaya untuk menanggapi maslaah-masalah seperti itu biasanya dilakukan melalui akun media sosial, tanggapan yang berupa kritikan, celaan, dan pembelaan.

     

    Demikian sekilas sajian dari dapur redaksi media https://jurnalmura.id/, mengenai peran media sosial bagi masyarakat dan kehidupan, 12 hal tersebut harus kita perhatikan agar kita tidak terus menganggap sosial media ini hal yang buruk. (Red/Admin).

     

    **Penulis: Sekber Aseng atau panggiilan akrabnya Amai Versa Verensia P, Pemerhati Kiak Tangis Tane Ranu (KATARI), Aktivis Lingkungan Hidup, Mantan Safety Officer K3LH (Mining Coal), tinggal di Murung Raya.

    Yudie Adrian
    Yudie Adrianhttps://jurnalmura.id/
    Hati yang gembira adalah obat romantis
    ARTIKEL TERKAIT

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    IKLAN ANDA DISINI

    - Advertisment -spot_img

    PALING POPULER

    KOMENTAR TERBARU