Kamis, Oktober 3, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
More

    MEDIA ONLINE JURNALMURA.ID ┃ MENGUCAPKAN ┃ " DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA ┃ KE- 79 TAHUN ┃ 17 AGUSTUS 1945 - 17 AGUSTUS 2024 ┃ " NUSANTARA BARU, INDONESIA MAJU " ┃
    BerandaADVETORIALEKSEKUTIFKembangkan Ternak Berbasis Sumber Daya Lokal

    Kembangkan Ternak Berbasis Sumber Daya Lokal

    PURUK CAHU, jurnalmura.com – Pemerintah Desa Tumbang Masalo Kecamatan Barito Tuhup Raya (Batura) kini tengah kembangkan ternak babi dan unggas (ayam.red) berbasis sumber daya lokal setempat.

    Pengembangan ternak tersebut merupakan pelaksanaan dari program ketahanan pangan desa tahap I tahun anggaran 2024 yang bersumber dari Dana Desa (DD).

    Feri, selaku kepala desa saat berhasil ditemui awak media mengatakan, bahwa tujuan dari proogram ini untuk meningkatkan keterediaan pangan baik dari hasil produksi masyarakat desanya, juga lumbung pangan desa.

    “Program kita ini tentu memiliki tiga aspek utama, sehinga capaiannya dapat terukur kedepan. Diantaranya ketersediaan pangan, keterjangkauan pangan dan pemanfaatannya,” kata Feri, Rabu (26/6/2024).

    Beberapa tolak ukur tadi, menurutnya diyakini mampu menggiring masyarakatnya untuk menuju kemandirian pangan setiap tahunnya, walaupun dalam pelaksanaannya diakui Feri tidak sedikit menuai pro dan kontra dari masyarakat.

    “Beberapa kendala, seperti sulitnya meyakinkan masyarakat terhadap kualitas kesehatan bibit ternak babi sebanyak 55 ekor, dan 20 ekor bibit ayam yang kita bagikan kepada 59 kepala keluarga,” ungkap Kades Tumbang Masalo periode 2023-2031 ini lagi.

    Lanjutnya untuk tahap I ini jajarannya memfokuskan kepada bibit ternak, dan untuk tahap II kedepan rencananya desa tersebut fokus kepada pengembangan perkebunan.

    “Kami berharap program yang berjalan dan yang akan kita realisasikan mendatang mendapat dukungan penuh dari masyarakat, guna berhasilnya program ini untuk kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (eng/ian)

    BACA JUGA :  Pj Bupati Mura Berikan Penyematan dan Penyerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya
    Yudie Adrian
    Yudie Adrianhttps://jurnalmura.id/
    Hati yang gembira adalah obat romantis
    ARTIKEL TERKAIT

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    IKLAN ANDA DISINI

    - Advertisment -spot_img

    PALING POPULER

    KOMENTAR TERBARU